Tips Kesehatan

Menghindari Gaya Hidup Hedonisme

Menghindari Gaya Hidup Hedonisme



Generasi milenial pasti tahu gaya hidup hedonisme. Gaya hidup yang mengutamakan kesenangan dengan membeli barang-barang mewah atau bepergian ke luar negeri bisa dinamakan sebuah gaya hidup hedonisme. Tujuan hidup orang-orang yang memiliki gaya hidup jenis ini adalah untuk bersenang-senang. Dengan melakukan kegiatan yang mereka sukai, baik berbelanja, liburan, makan makanan mahal, mereka akan puas, senang, dan bahagia. Namun, karena bersifat sangat materiil, gaya hidup hedonisme sekarang dapat mengancam kondisi finansial seseorang. Bahkan tidak jarang orang akan meminjam uang agar hasrat belanja mereka dapat terpenuhi. Tentu, gaya hidup jenis ini tidak sehat bagi beberapa orang, dan patut dipertimbangkan. Apabila Anda terbuai dengan gaya hidup hedonisme, namun tidak ingin terjerumus terlalu jauh ke dalamnya, artikel ini akan membahas hal-hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari buang-buang uang kaum hedon.

Ketahui prioritas Anda
Memiliki gaya hidup hedonisme berarti Anda akan memiliki gaya hidup yang konsumtif. Penghasilan Anda mungkin tidak seberapa, namun Anda ingin terus menerus menghabiskan uang demi mendapatkan sepatu atau tas bermerek dan memamerkannya di sosial media. Tujuan utamanya hanyalah kesenangan sesaat dari benda materiil tersebut dan sanjungan sosial dari orang-orang di sekitar Anda, tidak peduli berapa banyak uang yang Anda keluarkan. Apabila Anda ingin terhindari dari kondisi tersebut, pastikan Anda tahu prioritas yang harus Anda penuhi. Buatlah skala prioritas kebutuhan harian atau bulanan Anda, mulai dari kebutuhan primer, sekunder, hingga tersier. Kebutuhan primer seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan harus dipenuhi. Kebutuhan ini menjadi kebutuhan utama penting. Ketahui berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan guna memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Untuk kebutuhan sekunder dan primer, seperti liburan atau handphone baru, apabila dirasa tidak dibutuhkan, Anda bisa menunda untuk mendapatkannya terlebih dahulu.

Hidup sederhana dan pilih-pilih teman
Siapa bilang hidup sederhana tidak bisa membuat seseorang bahagia. Hidup sederhana terbebas dari hutang akan memberikan kesenangan dan kedamaian. Anda tidak perlu khawatir dengan cicilan yang harus dibayar atau jatuh tempo. Kesederhanaan adalah kunci kebahagiaan. Hindari hidup foya-foya, tabung hasil jerih payah bekerja Anda untuk masa tua, agar nanti ketika Anda sudah lanjut usia, finansial Anda stabil dan Anda bisa menikmati masa tua. Selain itu, pintar-pintarlah dalam memilih teman atau bergaul. Tentu saja Anda bisa berteman dengan siapa saja, namun, pastikan Anda menjaga jarak dengan teman yang “hedon” atau gemar menghambur-hamburkan uang. Banyak anak mineal terjebak dalam lingkaran hedonisme karena salah gaul. Mereka menganggap agar dapat diterima di lingkungan sosial hedonisme tersebut, mereka juga harus ikut berfoya-foya agar tidak dianggap miskin. Pola pikir ini salah dan sangat berbahaya. Tidak ada salahnya untuk hidup sederhana. Sederhana bukan berarti pelit atau kikir. Sederhana berarti tahu bahwa Anda tidak perlu membeli baju seharga 1 juta untuk tampil cantik ketika baju 30 ribu banyak tersedia.

Tabungan dan investasi itu penting
Apakah Anda memiliki tabungan dan investasi untuk dipakai di masa tua? Jika tidak, sudah saatnya Anda memikirkan untuk mulai menabung dan berinvestasi. Investasi bisa dimulai dengan menyisihkan gaji sisa hasil pengeluaran primer rutin bulanan. Anda juga perlu menyisihkan sebagian uang untuk dana darurat, dan tabungan. Ketiga hal ini, investasi, tabungan, dan juga dana darurat, penting agar Anda memiliki keuangan yang stabil. Dengan memiliki tabungan dan investasi, Anda bisa menghindari gaya hidup hedonisme.


  • Artikel (kesehatan)dari kategori yang sama
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Menghindari Gaya Hidup Hedonisme
      Komentar(0)