Tips Kesehatan

Tempat Makan Bayi: Cara Yang Tepat Untuk Memilih

Tempat Makan Bayi

Cara yang tepat untuk membawa makanan bayi adalah dengan membeli tempat makan bayi. Uniknya, tempat makan bayi dijual dalam ciri-ciri yang berbeda, mulai dari bentuk, warna, dan ukuran yang menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Dengan adanya banyak pilihan, orang tua pasti akan mengalami kesulitan dalam memilih tempat makan bayi yang tepat buat buah hati mereka. Tidak hanya berdasarkan selera dalam memilih tempat makan, namun hal lain yang menjadi pertimbangan berupa harga dan kualitas perlu diperhatikan.

Pilihan tempat makan bayi akan mempengaruhi kebutuhan nutrisi bayi dan seberapa banyak porsi makanan yang bisa ditampung. Tidak hanya mengenai kebutuhan nutrisi atau banyaknya makanan, namun juga terdapat pilihan yang menarik bagi bayi berupa warna yang mencolok dan gambar yang ada pada tempat makan. Hal tersebut dapat memberikan reaksi terhadap apa yang dilihat bayi, untuk melatih kemampuan motoriknya.

Tips Memilih Tempat Makan Bayi

Banyaknya spesifikasi yang dijual di toko-toko justru membuat orang tua bingung untuk memilih tempat makan seperti apa. Selain itu, orang tua perlu dengan teliti memilih tempat makan yang baik agar dapat digunakan selama (setidaknya) beberapa tahun. Untuk informasi lebih jelas, orang tua dapat memilih tempat makan bayi berdasarkan tips sebagai berikut:
1)Kualitas
Tidak hanya harga yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih tempat makan untuk anak, kualitas juga perlu diperhatikan. Tempat makan dijual dalam bahan yang berbeda, yang terdiri dari plastik, baja, dan kaca.

Masing-masing pilihan memiliki keunggulan dan kelemahan. Tempat makan yang berbahan plastik dijual dengan harga murah. Tidak hanya harga yang terjangkau, tempat makan yang dibuat dari plastik tidak akan rusak jika dijatuhkan.

Di sisi lain, jika orang tua memilih bahan ini, orang tua perlu perhatikan jika produk tersebut sudah memiliki label non-BPA (Bisphenol-A) atau belum. BPA merupakan zat yang digunakan untuk membuat produk berbahan plastik. Jika terdapat BPA pada tempat makanan, zat tersebut tersebar ke makanan dan akan mengakibatkan gangguan pada kesehatan anak.

Jika orang tua membeli tempat makan yang berbahan baja atau kaca, keunggulan yang mereka dapatkan adalah kedua bahan tersebut merupakan bahan ramah lingkungan. Selain itu, kedua bahan lebih mudah dibersihkan dari bahan plastik.

Di sisi lain, harga tempat makan yang dibuat dari baja atau kaca cenderung lebih mahal dari plastik. Selain itu, kedua bahan ini mudah rusak jika dijatuhkan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, orang tua perlu berhati-hati dalam memberikan benda berbahan baja atau kaca kepada anak-anak.
2)Porsi makan anak
Orang tua juga sebaiknya membeli tempat makan berdasarkan kebutuhan anak. Ukuran tempat makan bergantung pada seberapa banyak anak atau bayi konsumsi makanan.

Setiap anak perlu nutrisi yang berbeda. Hal tersebut juga bergantung pada usia. Bayi yang baru memasuki tahap MPASI memiliki kebutuhan makanan sebesar 200 kalori per hari, sedangkan bayi yang usianya lebih dari 9 bulan membutuhkan 300 kalori per hari.
3)Keamanan
Salah satu yang penting dalam membeli tempat makan untuk anak adalah keamanan. Tempat makan atau bekal makanan untuk anak seharusnya punya penutup atau segel yang bagus agar dapat ditutup dengan rapat. Orang tua sebaiknya memastikan beli tempat makan dengan penutup yang aman agar dapat mencegah terjadinya kebocoran atau kuman pada makanan.
4)Kelengkapan lain
Sebagian besar tempat makan khusus anak dijual lengkap dengan sendok dan garpu. Selain itu, ada tempat untuk menaruh sendok dan garpu supaya tidak jatuh.

Pastikan orang tua beli tempat makan bayi yang tepat dengan mengikuti tips yang dianjurkan supaya aman untuk digunakan dan demi menjaga kesehatan anak.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Tempat Makan Bayi: Cara Yang Tepat Untuk Memilih
      Komentar(0)