Tips Kesehatan

Cara Obati Jerawat yang Muncul di Alis

Cara Obati Jerawat yang Muncul di Alis

Jerawat bisa saja muncul di bagian mana saja dalam tubuhmu. Bahkan, jerawat bisa saja muncul di alis. Meski letaknya tidak terlihat seperti di area lainnya, jerawat di alis tentu dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Lalu bagaimana mungkin jerawat muncul di alismu?
Mungkin kamu terkena palpitasi atau aritmia. Palpitasi adalah istilah medis untuk denyut jantung yang nggak teratur, terlalu kuat atau memiliki kecepatan abnormal. Sedangkan aritmia adalah gangguan irama jantung, suatu kondisi di mana jantung berdenyut tidak menentu.
Nah, untuk mencegah jerawat di alis, berikut beberapa cara-cara yang mungkin bisa kamu lakukan.
Selain menghindari beragam hal yang dapat memicu munculnya jerawat, kamu juga bisa melakukan beberapa perawatan untuk menghilangkan jerawat di alis mata, yaitu:
1. Menggunakan bahan alami
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat di alis mata. Salah satunya adalah madu dan kayu manis. Kedua bahan tersebut diyakini mampu mengatasi peradangan dan menghilangkan jerawat di alis mata karena memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.
2. Menggunakan obat oles
Obat oles umumnya digunakan untuk mengobati jerawat ringan hingga sedang. Ada beberapa bahan obat oles yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat di alis mata, yaitu asam salisilat, benzoil peroksida, golongan antibiotik, dan retinoid topikal. Meski cukup efektif untuk mengatasi jerawat yang tidak terlalu parah, obat oles terkadang bisa menimbulkan iritasi pada kulit.
3. Mengonsumsi obat minum
Selain menggunakan obat oles, jerawat di alis mata yang kondisinya cukup parah bisa diatasi dengan mengonsumsi obat oral atau minum, seperti obat antibiotik, antiradang, dan retionid atau vitamin A. Namun, penggunaan obat minum harus berdasarkan anjuran dokter.
4. Melakukan prosedur perawatan
Beberapa tindakan medis juga bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat di alis mata. Beberapa di antaranya adalah ekstraksi komedo, chemical peeling, terapi sinar, injeksi kortikosteroid pada jerawat, dan mikrodermabrasi wajah.
Biasakan untuk tidak memegang atau memencet jerawat yang ada di alis mata. Hal ini karena memencet jerawat dapat akan memperlambat proses penyembuhan jerawat, menimbulkan bekas jerawat, serta membuat jerawat terinfeksi dan meradang.
Untuk mengatasi dan mencegah munculnya jerawat di alis mata, jagalah kebersihan kulit wajah dan sebisa mungkin hindari hal-hal yang dapat memicu jerawat. Agar jerawat tidak malah bertambah parah, sebaiknya jangan menggunakan sembarang obat atau melakukan sembarang perawatan sebelum berkonsultasi dengan dokter.
Selanjutnya, agar jerawat tidak kembali muncul, berikut cara-cara mencegahnya:
1.Menjaga Kebersihan Wajah
Cara mencegah jerawat secara alami yang pertama ini dapat membuahkan hasil yang positif jika Anda rajin melakukannya. Menjaga kebersihan wajah seperti rajin cuci muka setiap kali merasa kotor bisa mengurangi peluang timbulnya jerawat.
Namun, kata rajin tidak berarti sama dengan sering. Ketika beraktivitas seharian, wajah Anda akan bertemu dengan bakteri-bakteri jahat yang akan menempel di wajah. Maka dari itu, rajinlah mencuci muka agar terhindar dari jerawat.
2.Kurangi Konsumsi Kacang-kacangan
Makanan menjadi salah satu penyumbang timbulnya jerawat yang menganggu penampilan Anda. Berbagai jenis makanan akan meningkatkan kadar gula darah yang menjadi penyebab munculnya jerawat.
Kacang-kacangan seperti kacang kulit ataupun kacang mete terkadang sangat ampuh mengundang jerawat mampir ke wajah anda. Untuk itu, kurangi konsumsi kacang-kacangan jika anda ingin memiliki kulit wajah yang mulus.
3.Kurangi Konsumsi Makanan Pedas
Menjaga pola makan tak hanya bermanfaat bagi organ tubuh bagian dalam, tetapi juga luar. Selain pola makan, kandungan makanan yang dikonsumsi juga patut untuk menjadi perhatian. Makanan pedas seperti sambal dan semacamnya dapat memicu pertumbuhan jerawat di wajah anda. Maka, kurangi konsumsi makanan pedas sebagai cara mencegah jerawat.
4.Perbanyak Minum Air Putih
Cara mencegah jerawat dapat dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Meminum air putih yang cukup dipercaya mampu merawat kecantikan kulit wajah dan menghindarkannya dari jerawat. Minum setidaknya 8 gelas air putih per hari agar kulit selalu lembab dan sehat.
Itulah cara mengobati dan mencegah jerawat di alis. Semoga membantu.

  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Cara Obati Jerawat yang Muncul di Alis
      Komentar(0)